Rekomendasi Ekspedisi Murah Di Jakarta Barat

Sebagai orang yang menyukai berbelanja secara online Anda tentu tidak asing dengan kata ekspedisi. Namun saat ingin memilih ekspedisi Anda masih saja selalu bingung menentukan ekspedisi mana yang akan Anda gunakan. Di bawah ini terdapat informasi mengenai ekspedisi serta rekomendasi ekspedisi dengan harga murah khususnya ekspedisi murah di Jakarta Barat.

Ekspedisi dan Sistem Kerjanya

Ekspedisi dalam KBBI diartikan sebagai pengiriman barang dan selanjutnya diartikan sebagai perusahaan pengangkut barang. Barang dikirim baik melalu jalur darat, udara maupun air. Perusahaan ekspedisi memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang beragam, dari yang mudah hingga yang cukup rumit.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih ekspedisi adalah sistem kerja dari ekspedisi itu sendiri. Pada umumnya sistem kerja ekspedisi terdiri dari tiga:

  • Barang

Saat mengirimkan barang pastikan barang yang Anda ingin kirimkan merupakan barang legal secara hukum atau yang boleh dikirimkan sesuai peraturan ekspedisi tersebut.

Baca Juga : Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Suami

  • Packing / Pengemasan Barang

Packing menjadi suatu yang penting karena akan membuat barang yang Anda kirimkan aman atau tidak rusak di perjalanan hingga sampai ke tujuan. Beberapa ekspedisi memiliki peraturan terkait packing dimana barang yang dikirim harus memiliki pengemasan yang aman, khususnya seperti barang pecah belah hingga makanan.

Bila packing tidak aman beberapa ekspedisi menolak untuk mengirimkan barang. Selain itu ada ekspedisi yang menyediakan layanan packing jadi Anda tidak perlu repot melakukan pengemasan.

  • Pengurusan surat atau administrasi

Ekspedisi turut andil dalam pengurusan administrasi yang Anda butuhkan seperti surat izin ataupun administrasi bea cukai dan pihak lain yang terkait. Ekspedisi akan membantu mengurus hal-hal terkait administrasi dokumen tersebut.

Jenis Pengiriman Barang oleh Ekspedisi

Jenis pengiriman barang oleh ekspedisi memiliki berbagai macam jenis, pada umumnya ekspedisi menawarkan dengan jenis reguler (standar/biasa), khusus dan kilat. Sehingga Anda dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan Anda. Jenis pengiriman reguler biasanya memiliki harga yang paling murah sehingga waktu pengiriman cukup lama.

Pengiriman ekspedisi jenis khusus biasanya untuk barang tertentu seperti barang pecah belah, sehingga pengiriman dengan jenis ini dipastikan aman sampai ke tujuan. Sedangkan jenis ekspedisi kilat umumnya digunakan untuk mengirimkan barang dengan waktu pengiriman yang paling cepat sehingga harga ekspedisi untuk jenis ini biasanya cukup mahal.

Bila Anda mencari jenis ekspedisi murah di Jakarta Barat Anda dapat mencoba ekspedisi dengan jenis pengiriman reguler atau standar.

Tips Pengiriman Barang

Berikut adalah beberapa tips pada saat melakukan pengiriman barang.

  • Pahami syarat dan ketentuan perusahaan ekspedisi

Pastikan Anda telah mengenali dan memahami ekspedisi secara detail. Lihat rating kepuasan konsumen terhadap ekspedisi yang ingin Anda gunakan Anda juga dapat bertanya kepada konsumen yang telah lebih dulu menggunakan ekspedisi tersebut.

  • Tambahkan pelindung ekstra

Bila barang yang Anda inginkan berupa barang pecah belah, elektronik, makanan ataupun minuman pastikan Anda menggunakan perlindungan ekstra agar terjaga keamanan barang tersebut.

  • Asuransi barang kiriman

Bila ingin melakukan asuransi pada barang kiriman Anda lebih baik Anda tidak membungkus dengan rapat terlebih dulu karena beberapa ekspedisi akan melakukan pengecekan terhadap barang.

  • Membuat kebijakan dengan konsumen

Bila Anda dalam posisi penjual buat kebijakan dengan konsumen sehingga bila terjadi hal yang tidak diinginkan dengan barang kiriman karena ekspedisi sebagai jasa pengiriman mungkin saja melakukan kesalahan. Tarif ekspedisi murah di Jakarta Barat tergantung pada jarak tempuh pengiriman, jenis pengiriman serta perusahaan ekspedisi yang ada.