Urutan Makeup Yang Benar Untuk Pemula

Urutan Makeup

Penggunaan make up sebenarnya hal yang sering wanita lakukan tiap harinya. Namun, bagi Anda yang baru belajar menggunakan make up hal ini jadi tantangan tersendiri.

Soal urusan make up, sebenarnya wanita memiliki gayanya tersendiri. Hanya saja kalau soal urutan, hampir semuanya sama saja. Sebab, kesalahan urutan make up bisa mengakibatkan hasil yang tidak baik.

Nah, agar Anda mendapatkan hasil make up yang sempurna, berikut ini urutan make up yang benar.

Mempersiapkan Wajah

Riasan yang baik dan tahan lama berasal dari skin preparation yang baik. Percuma jika Anda menggunakan produk make up mahal namun persiapan ini tidak Anda lakukan.

Jika kondisi kulit wajah sedang tidak baik karena kurang terawat. Bisa mengakibatkan produk make up bermasalah ketika Anda aplikasikan. Misalnya cracky, tidak mau menempel, creasing, dan sebagainya.

Sehingga sebelum menggunakan make up sebaiknya Anda aplikasikan urutan skincare yang benar terlebih dahulu.

Mulai dari double cleansing, toner, serum, moisturizer hingga sunscreen. Sebab penggunaan sehari-hari mengharuskan Anda menggunakan sunscreen agar kulit tetap terlindungi. Berilah jeda sekitar 5 sampai 10 menit sebelum mulai menggunakan produk make up agar skincare menyerap sempurna.

Mengoleskan Primer

Banyak wanita yang sering melewatkan tahapan penggunaan primer. Padahal fungsi primer untuk mendapatkan hasil make up yang lebih mulus dan tahan lama. Namun untuk beberapa orang yang sudah memiliki kulit mulus biasanya melewatkan primer.

Foundation atau Cushion

Jika sudah menggunakan primer, lanjutkan dengan menggunakan foundation atau cushion. Bagi Anda yang ingin hasil coverage lebih maksimal bisa menggunakan foundation. Hanya saja penggunaan sehari-hari akan terasa berat dan gerah.

Sementara apabila Anda tidak ingin produk yang berat gunakan cushion. Cushion bisa menjadi alternatif untuk menutupi pori-pori wajah dan meratakan warna kulit dengan tekstur lebih ringan. Sehingga untuk penggunaan sehari-hari terasa lebih nyaman.

Baca Juga : Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Suami

Concealer

Concealer merupakan produk make up yang tidak boleh Anda lewatkan. Fungsinya untuk menutupi beberapa permasalahan kulit secara khusus. Misalnya noda hitam, bekas jerawat hingga meratakan warna kulit pada area tertentu.

Gunakan pada beberapa spot wajah yang bermasalah saja. Katakanlah Anda memiliki permasalahan mata panda. Anda bisa menggunakannya pada area bawah mata saja.

Menggunakan Contour Wajah

Bagi seorang pemula, contour mungkin teknik make up yang cukup sulit. Namun Anda bisa mencoba mengoleskannya secara tipis pada beberapa area. Misalnya tulang pipi, tepi wajah, dan tepi tulang hidung agar dimensi wajah lebih terlihat.

Bedak

Bedak membuat tampilan make up Anda menjadi lebih tahan lama. Selain itu juga mampu menghasilkan riasan yang sempurna dan mengurangi minyak pada wajah.

Terdapat berbagai jenis bedak yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Misalnya translucent powder, loose powder, compact powder, dan sebagainya. Pilihlah shade dengan warna yang paling dekat dengan tone kulit Anda.

Blush On

Blush on merupakan perona pipi yang menjadikan tampilan wajah semakin fresh. Anda bisa mengaplikasikan blush on pada bagian pipi. Namun Anda juga bisa menambahkan pada bagian hidung dan pelipis secara tipis saja.

Highlighter

Produk highlighter bisa Anda gunakan setelah selesai mengaplikasikan blush on. Fungsinya adalah untuk menampilkan highlight di kulit agar lebih glowing. Gunakan pada beberapa area seperti hidung, area mata, bibir, dan tulang pipi.

Eye Make Up

Bagian mata merupakan tahapan yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, mata menjadi bagian wajah yang penting untuk memberikan kesan tampilan mempesona.

Mulailah dengan mengaplikasikan alis menggunakan eyebrow, pensil alis, atau jenis lainnya. Pilih produk yang paling mudah Anda gunakan agar tampilannya tidak terkesan aneh.

Selanjutnya barulah menggunakan eye shadow. Untuk penggunaan daily sebaiknya pilih warna netral agar tidak terlalu mencolok. Lalu barulah menggunakan eyeliner secara tipis untuk tampilan yang natural.

Jika sudah jepit bulu mata Anda sebelum mengaplikasikan mascara. Gunakan mascara secara merata dan jangan sampai menggumpal.

Lipstik

Selesai dengan seluruh tahapan. Anda bisa menggunakan lipstik untuk mewarnai area bibir Anda agar tampilannya makin sempurna.

Oleskan lip gloss terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstik agar tidak kering. Setelah itu, barulah menggunakan lipstik sesuai warna kesukaanmu. Anda bisa memilih berbagai jenis lipstik seperti lip cream, lip tint, atau lipstik batang.

Kesimpulan

Penting untuk pemula mengetahui urutan penggunaan make up yang benar. Sebab menurut jasa makeup artist Jakarta, bahwa urutan yang salah bisa menjadikan make up Anda menjadi kurang flawless dan tidak tahan lama.

Perhatikan mulai dari mempersiapkan kondisi wajah Anda menggunakan skincare. Barulah mulai dari primer, foundation, concealer, contour, highlighter, eye makeup hingga lipstik. Agar lebih tahan lama, Anda juga bisa mengaplikasikan setting spray.

Itulah penjelasan tentang urutan make up yang benar untuk pemula. Pahami tata cara tersebut agar hasilnya sempurna. Semoga artikel di atas membantu.