4 Jenis Fitting Pipa Dan Fungsinya

Fitting pipa atau biasa dikenal sambungan pipa merupakan suatu benda yang digunakan pada sistem pemipaan. Fittting terdiri dari berbagai macam jenis dan fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi umum fitting pipa yaitu untuk menyebarkan aliran air, memperbesar atau memperkecil aliran bahkan merubah aliran air. Sebelum mengetahui tempat jual fitting pipa alangkah baiknya bila Anda mengetahui jenis dan fungsi dari berbagai macam fitting pipa.

Pada umumnya fitting pipa terbuat dari baja silinder perjal (seamless) atau pipa tanpa sambungan. Selain itu ada juga yang disambung dengan cara dilas menjadi suatu bentuk pipa biasa yang terbuat dari plat strip baja (welded). Fitting jenis ini permanen atau tidak bisa dibuka.

Fitting Pipa Tee

Fitting Pipa Tee berfungsi untuk membuat aliran terbagi menjadi ke 2 arah. Fitting pipa ini terdiri dari bentuk T atau Y yang memiliki 3 cabang atau pertigaan. Untuk yang berbentuk huruf Y sering disebut Y branch. Sedangkan Fitting pipa tee yang memiliki ujung kecil dikenal sebagai Tee with Reducer.

Jenis ini memiliki ujung bagian kanan dan kirinya sama tapi mengecil di bagian tengahnya. Ukuran Tee with reducing (Reducing Tee) berbeda dengan ukuran pipa utamanya. Sedangkan ukuran Fitting pipa Tee yang sama dengan ukuran pipa utama disebut Tee with Straight (Straight Tee).

Cek Juga : Rekomendasi Ekspedisi Murah Di Jakarta Barat

Fitting Pipa Reducer

Fitting Pipa Reduce berfungsi mengurangi aliran fluida atau air. Ukuran pipa akan mengecil di bagian tertentu, jadi cara kerjanya tidak sama dengan valve, hanya saja ukuran pipanya yang berkurang. Jenis pipa ini pada dasarnya untuk menyatukan dua pipa yang ukuran diameternya berbeda atau pipa yang diameternya besar dengan pipa yang ukuran diameternya lebih kecil.

Fitting Pipa Reduce terdiri dari dua jenis yaitu Concentric Reducer dan Eccentric Reducer. Concentric Reducer merupakan reducer dengan satu garis tengah (seimbang) sedangkan Eccentric Reducer merupakan reducer yang memiliki garis tengah berbeda (tidak seimbang). Concentric Reducer biasa digunakan untuk pipa vertikal sedangkan Eccentric Reducer digunakan pada dua pipa dengan jarak yang berdekatan.

Fitting Pipa Elbow

Fitting Pipa Elbow merupakan fitting pipa yang berfungsi mengubah arah aliran ataupun diameter pipa. Bentuknya bungkuk atau melengkung sehingga dapat membentuk percabangan dengan menyatukannya pada pipa yang lurus. Elbow memiliki dua jenis yaitu elbow 45 dan 95 derajat baik dengan drat dalam maupun drat luar.

Fitting Pipa Elbow memang memiliki banyak jenis, jika Anda telah cukup paham dengan jenis pipa ini Anda bisa membelinya melalui marketplace dengan kata kunci jual fitting pipa elbow. Namun bila Anda masih bingung dengan ukuran ataupun jenis fitting pipa ini Anda dapat membelinya dengan mengajak seseorang yang lebih paham terkait jenis fitting pipa elbow ini.

Fitting Pipa Cap

Fitting Pipa Cap berfungsi untuk menutup atau menghentikan aliran di ujung pipa. Jenis fitting pipa ini dilas pada pipa bagian utamanya. Walaupun fungsinya sebagai penutup fitting pipa cap dapat dilepas atau dibongkar pasang. Fitting pipa cap dan blind flange sama-sama berfungsi untuk menutup aliran. Namun untuk blind flinge berbentuk rata.

Untuk mempelajari dan mengingat tentang jenis dan kegunaan fitting pipa ini sepertinya memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar Semoga informasi ini dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan saluran pipa Anda. Anda bisa menemukan yang jual fitting pipa berbagai jenis secara offline maupun online. Namun bila Anda masih belum memahami sebaiknya serahkan pada seorang ahli yang memahami fitting pipa secara baik.